Follow my Blog

Selasa, 23 Oktober 2012

Dampak Negatif Memakai Softlens




Dampak negatif memakai softlens mungkin ada beberapa dari anda yang sudah mengetahuinya. Softlens tidak hanya digunakan untuk kepentingan estetika saja tetapi sudah banyak yang menggunakan softlens sebagai life style atau gaya hidup. Tetapi meskipun ada kesan tersendiri ketika anda memakai softlens, sudah banyak lembaga yang mengungkapkan dampak negatif memakai softlens.

American Optometric Association (AOA) mengungkapkan kalau penggunaan softlens dekoratif (hanya untuk memperindah bola mata semata) akan sangat berbahaya jika tanpa konsultasi dokter.  Apabila tanpa konsultasi dokter, kemungkinan besar para kosumen lensa dekoratif ini tidak memiliki pengetahuan yang cukup bagaimana membersihkan dan memasang lensa dengan baik. Jika hal ini terjadi maka sudah pasti para konsumen tersebut sudah berani mengambil resiko menginfeksi mata mereka dengan bakteri, atau kerusakan yang signifikan pada fungsi mata, dan yang lebih parah adalah kehilangan penglihatan.Lensa dekoratif memiliki resiko yang sama dengan lensa korektif (untuk mata minus atau plus). Oleh karena itu jangan pernah memakai lensa dekoratif tanpa informasi dari dokter.

Berikut saran dari AOA supaya dampak negatif memakai softlens dapat diminimalisir :
  1. Temui dokter / ahli mata untuk mencari informasi dan mendapatkan lensa yang sesuai untuk mata anda dan layak pakai.
  2. Jika anda akan menyentuh lensa cucilah tangan terlebih dahulu.
  3. Selalu lepas softlens anda ketika anda tidur.
  4. Membersihkan lensa secara rutin. Cara membersihkan yang baik adalah : usap lensa kontak dengan jari dan bilas dengan cairan pembersih sebelum menyimpan lensa dalam wadah yang sudah berisi cairan pembersih.
  5. Simpanlah wadah lensa kontak di tempat yang lembab dan terlindung dari cahaya matahari langsung
  6. Gantilah wadah lensa setiap minimal 3 bulan sekali.
  7. Untuk menyimpan lensa, gunakan cairan pembersih yang masih baru. Jangan gunakan cairan yang sudah dipakai, meskipun terlihat bersih tetapi mengandung bakteri yang bisa membahayakan mata anda.
  8. Patuhi jadwal penggantian lensa kontak sesuai anjuran dokter.
  9. Temui dokter mata anda untuk memeriksakan mata anda secara rutin.

Dampak negatif memakai softlens adalah sebagai berikut  :
  1. Infeksi serius pada mata (Acanthamoeba Keratitis ).
  2. Katarak / kekeruhan pada mata.
  3. Mata menjadi kurang peka karena permukaan kornea yang sangat sensitif sering tersentuh.
  4. Dan yang paling menakutkan adalah Kebutaan.

Katarak

So, kalau anda adalah pemakai softens haruslah menjadi orang yang higienis. Jangan main-main dengan kebersihan softlens anda. Tips di atas bisa anda terapkan jika perlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar