Follow my Blog

Senin, 22 Oktober 2012

Cara Tepat Merawat Lensa Kontak

Merawat Softlens atau lensa kontak sama pentingnya dengan merawat kedua mata kita. Lensa kontak yang kotor akan mempengaruhi kesehatan mata kita. Sebaliknya, lensa kontak yang selalu terjaga kebersihan dan kelembabannya akan memperpanjang usia penggunaan juga dapat mencegah iritasi pada mata.
Perawatan lensa kontak bisa kita lakukan dengan mengikuti instruksi yang terdapat pada botol cairan atau kotak kemasan cairan pembersih lensa kontak. Pada dasarnya cara perawatan pada setiap lensa kontak hampir sama tetapi hasilnya tergantung pada kualitas bahan lensa kontak tersebut. Sebelum memasang lensa kontak sangat dianjurkan untuk mencuci tangan sebersih-bersihnya menggunakan hand soap. Kuman dan kotoran sekecil apapun yang masuk akan sangat membahayakan kesehatan mata kita.
Sebelum dan sesudah menggunakan lensa kontak, bersihkan lensa kontak menggunakan cairan pembersih khusus dengan cara meneteskan 3 s.d. 4 tetes pada telapak tangan lalu usap-usap atau gosok  secara lembut dan perlahan selama kurang lebih 30 detik supaya kotoran pada lensa kontak benar-benar bersih. Pada saat membersihkan, pastikan kuku jari tangan kita tidak mengenai lensa kontak karena teksturnya yang tipis halus akan mudah robek. Lakukan pada kedua sisi lensa kontak baik dalam maupun luar kemudian bilas dan rendam lensa kontak dengan cairan pembersih khusus yang mengandung moisturizer selama 4-6 jam. Jika perendaman lensa kontak lebih dari 6 jam, maka cairan pembersih harus diganti untuk mencegah penumpukan bakteri di dalam wadah penyimpan. Wadah lensa kontak juga harus dibersihkan secara teratur dan dikeringkan.
Perhatikan tanggal kadaluarsa cairan pembersih lensa kontak. Jangan menggunakan cairan pembersih yang sudah melewati masa kadaluarsanya. Bahkan ada beberapa cairan pembersih yang tidak boleh digunakan setelah dibuka selama tiga bulan. Semakin steril / higienis cairan pembersihnya, maka semakin baik kebersihan lensa kontak kita.
Jika terjadi iritasi mata pada saat menggunakan lensa kontak, tetesi dengan obat tetes mata khusus bagi lensa kontak. Jangan gunakan obat tetes biasa karena dapat merusak lensa kontak tersebut sehingga lensa kontak tidak dapat digunakan lagi.
Jangan lupa untuk selalu mengingat berapa lama usia pemakaian lensa kontak. Ganti lensa kontak Kita jika sudah tidak terasa nyaman di mata seperti sering perih dan gatal. Ini adalah salah satu tanda dimana Kita harus mengganti lensa kontak lama  dengan yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar